4 Cara Membagi Layar Laptop Menjadi 2 di Windows dan Mac

Cara membagi layar Laptop Menjadi 2.

Penting bagi pengguna untuk memahami beberapa panduan dasar dalam mengoperasikan laptop agar dapat mengerjakan tugas dengan lancar. Salah satu panduan dasar yang penting adalah cara membagi layar laptop menjadi dua.

Memahami cara ini akan sangat membantu pengguna dalam melakukan multitasking atau mengerjakan beberapa tugas pada aplikasi yang berbeda secara bersamaan di laptop. Kebanyakan laptop saat ini telah dilengkapi dengan fitur-fitur multitasking yang memudahkan pengguna.

Salah satu contoh fitur multitasking yang umum digunakan adalah split screen, atau membagi layar. Split screen memungkinkan pengguna untuk membuka dua atau lebih aplikasi secara bersamaan dalam satu layar laptop.

Dengan split screen, pengguna akan lebih mudah mengerjakan beberapa tugas pada aplikasi yang berbeda secara bersamaan, yang pada akhirnya dapat meningkatkan produktivitas. Oleh karena itu, penting bagi pengguna untuk mengetahui cara membagi layar laptop menjadi dua.

Lantas, bagaimana cara melakukannya? Jika Anda tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, berikut adalah penjelasan lebih detail mengenai cara split layar laptop menjadi dua untuk mendukung multitasking.

Cara membagi layar laptop menjadi dua:

Cara split screen laptop pada dasarnya cukup mudah. Namun, perlu diingat bahwa laptop berbasis Windows dan MacOS atau Macbook memiliki cara yang berbeda untuk menjalankan split screen.

Berikut adalah penjelasan lebih rinci tentang beberapa cara membagi layar laptop menjadi dua, baik di laptop Windows maupun Macbook:

1. Cara split screen laptop Windows dengan tombol Windows + arah kanan/kiri

  • Buka satu jendela aplikasi. Setelah terbuka, klik tombol Windows bersamaan dengan tombol arah kanan atau kiri. Jendela aplikasi akan diletakkan di sisi kanan atau kiri layar sesuai dengan tombol yang Anda klik.
  • Selanjutnya, buka satu jendela aplikasi lain dan ulangi langkah di atas. Jendela aplikasi kedua akan diletakkan berdampingan dengan jendela aplikasi pertama.
  • Dengan ini, Anda berhasil membagi layar laptop menjadi dua di Windows.

2. Cara split screen laptop Windows dengan men-drag jendela aplikasi

  • Buka dua aplikasi yang ingin Anda buka secara bersamaan dalam satu layar.
  • Pada salah satu aplikasi, klik dan tahan bagian atas jendela, lalu seret ke sisi kanan atau kiri layar. Lepaskan jendela aplikasi ketika muncul kotak transparan yang menandakan posisi tampilan akan diletakkan.
  • Lakukan hal yang sama pada aplikasi lain, dengan men-drag jendela ke sisi kosong layar. Lepaskan jendela aplikasi kedua pada kotak transparan yang sama.
  • Dengan ini, Anda berhasil membagi layar laptop menjadi dua.

3. Cara split screen laptop Windows lewat tombol “maximize”

  • Buka dua aplikasi yang ingin Anda buka secara bersamaan.
  • Ketika berada di salah satu aplikasi, arahkan kursor ke tombol “maximize” yang terletak di bagian kanan atas jendela aplikasi. Ketika Anda mengarahkan kursor ke tombol tersebut, akan muncul pop-up menu dengan beberapa pilihan untuk membagi layar.
  • Pilih opsi untuk membagi layar menjadi dua, dan pilih posisi jendela aplikasi tersebut.
  • Buka aplikasi kedua dan ulangi langkah di atas untuk menempatkannya di sisi kosong layar.
  • Dengan ini, Anda berhasil membuka dua aplikasi dalam satu layar secara bersamaan.

4. Cara split screen Macbook

  • Buka aplikasi di Macbook.
  • Arahkan kursor ke tombol “maximize” yang berwarna hijau dan terletak di pojok kiri atas jendela aplikasi.
  • Ketika Anda mengarahkan kursor ke tombol tersebut, akan muncul pop-up menu pengaturan split screen. Pilih opsi untuk menempatkan jendela aplikasi di sisi kanan atau kiri layar.
  • Aplikasi akan diletakkan sesuai sisi yang Anda pilih.
  • Anda dapat menggunakan sisi kosong layar untuk membuka aplikasi lain.
  • Dengan ini, Anda dapat membagi layar Macbook dengan membuka dua aplikasi sekaligus.

Untuk menutup tampilan split screen, Anda dapat mengklik tombol “maximize” di salah satu jendela aplikasi. Ketika jendela diperbesar, tampilan split screen akan ditutup secara otomatis.

Cara-cara di atas akan membantu memudahkan Anda untuk membuka dua aplikasi secara bersamaan dalam satu layar. Demikianlah cara membagi layar laptop menjadi dua dengan mudah, baik di laptop Windows maupun Macbook. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terkait