Bagaimana Cara Mengatasi Memori Google Drive Penuh? Ini dia 8 Tips Mengatasi Memori Google Drive Penuh

Google Drive

Bagaimana Cara Mengatasi Memori Google Drive Penuh? Layanan Google Drive menawarkan ruang penyimpanan untuk membantu Anda mencadangkan file sehingga bisa diakses di mana pun dan kapan pun. Namun, Google Drive terkadang tidak berfungsi sesuai dengan apa yang Anda inginkan.

Google Drive hanya memberikan pengguna penyimpanan cloud gratis sebesar 15 GB, yang bisa digunakan untuk mengunggah dokumen dan file lainnya. Namun, kuota 15 GB ini juga dibagi untuk Google Foto dan Gmail.

Penggunaan Google Drive harus benar-benar dimaksimalkan agar tidak terjadi masalah seperti pemberitahuan yang mengatakan Google Drive sudah penuh. Jangan khawatir, karena terdapat beberapa solusi untuk mengatasi masalah tersebut.

Dilansir dari TechRadar, berikut beberapa tips Bagaimana Cara Mengatasi Memori Google Drive Penuh pada ponsel anda

  1. Periksa Kuota Anda

    Anda memang mendapatkan 15 GB penyimpanan cloud gratis melalui Google Drive. Namun, penting untuk memeriksa apa saja yang disimpan di dalamnya. Ingat, Google Drive adalah wadah penyimpanan utama untuk konten di Drive itu sendiri, Gmail, dan Google Foto. Anda bisa mendapatkan perincian tentang penggunaan ruang disk Google Drive melalui Google One.

  2. Lakukan Pembersihan

    Setelah melihat apa yang menggunakan ruang penyimpanan di Google Drive, Anda akan memiliki gambaran yang lebih jelas tentang apa yang perlu dihapus. Jika Anda adalah pengguna Gmail yang aktif, sangat mudah untuk membangun persediaan konten, terutama file lampiran yang besar. Coba telusuri Gmail untuk mengidentifikasi email berukuran besar, katakanlah 10 MB atau lebih, dan hapus jika tidak diperlukan lagi. Anda bisa memilih semua file yang tidak diinginkan sekaligus dan menghapusnya.

  3. Kompres Foto Anda

    Kita semua memiliki banyak gambar dari smartphone yang memakan ruang penyimpanan. Beberapa ponsel juga menyimpan gambar beresolusi tinggi yang memperbesar ukuran file. Anda dapat mengatasi ini dengan menggunakan Google Foto untuk mengompresi gambar yang tidak perlu disimpan dalam resolusi aslinya. Di Google Foto, Anda dapat mengaktifkan opsi “Pulihkan penyimpanan” untuk mengonversi gambar ke format yang lebih kecil.

  4. Hapus Banyak File

    Google Drive memungkinkan Anda menyimpan file dari berbagai perangkat seperti laptop dan ponsel. Periksa dan hapus file yang tidak lagi diperlukan untuk mengatasi masalah kekurangan ruang penyimpanan. Pastikan untuk memeriksa apakah file yang Anda pilih untuk dihapus sudah hilang secara permanen.

  5. Temukan File Terhapus yang Tersembunyi

    Menghapus folder di Google Drive mungkin mudah, tetapi tidak selalu berhasil menghapus file di dalamnya. Cari file yang tidak terorganisir dengan menggunakan perintah ‘is:unorganized owner:me’ di Google Drive. Anda juga dapat menghapus data aplikasi tersembunyi yang mengganggu ruang penyimpanan melalui Pengaturan, pilih “Kelola Aplikasi,” dan hapus data yang tidak diinginkan.

  6. Kosongkan Sampah

    Pastikan untuk mengosongkan tempat sampah Google Drive secara permanen setelah menghapus file yang tidak diinginkan. Dengan asumsi Anda yakin tidak lagi memerlukan konten tersebut, langkah ini akan menghilangkan file untuk selamanya. Jika ragu untuk menghapus beberapa file, pertimbangkan untuk menggunakan layanan penyimpanan cloud lain yang menawarkan penyimpanan gratis atau berbiaya nominal.

  7. Lakukan Penyesuaian

    Bergantung pada perangkat yang Anda gunakan, periksa opsi yang sering diabaikan untuk menyegarkan status Google Drive Anda. Misalnya, pengguna Android dapat menghapus cache Google Drive di ponsel mereka dengan membuka aplikasi Google Drive dan mengetuk opsi Penyimpanan. Menghapus cache dan memulai ulang ponsel seringkali membantu mencegah ruang penyimpanan Google Drive penuh.

  8. Rombak Ruang Penyimpanan

    Meskipun mungkin sedikit membosankan, meluangkan waktu untuk merombak penyimpanan Google Drive sangatlah penting. Hapus file yang tidak penting secara berkala untuk menjaga ruang penyimpanan tetap tersedia. Karena file disimpan di cloud, pembaruan kuota terkadang memakan waktu cukup lama, terutama setelah menghapus file besar.

Dengan mengikuti tips ini, Anda dapat mengelola penyimpanan Google Drive dengan lebih efektif dan menghindari masalah terkait ruang penyimpanan yang penuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terkait