9 Website Untuk Belajar Coding untuk Anak Anda, Membuat Belajar Menjadi Bermain

Selamat datang dalam era di mana belajar tidak lagi terasa seperti kewajiban, tetapi lebih seperti petualangan yang menyenangkan. Salah satu cara untuk menginspirasi anak-anak dalam pembelajaran adalah melalui website belajar coding untuk anak. Website belajar coding ini tidak hanya mengajarkan logika pemrograman, tetapi juga membawa pengalaman belajar yang mendalam dengan cara yang menyenangkan dan menarik bagi anak-anak.

Website untuk belajar coding untuk anak ini telah menjadi semakin populer sebagai alat pembelajaran yang populer. Dengan mengakses website ini, anak-anak tidak hanya belajar keterampilan teknologi, tetapi juga mengembangkan kreativitas, pemecahan masalah, dan keterampilan berpikir kritis. Mereka belajar untuk merancang dan membuat game mereka sendiri, menjadikan proses pembelajaran lebih interaktif dan memuaskan.

Dalam artikel ini, kami akan menjelajahi berbagai game coding favorit yang dirancang khusus untuk anak-anak. Dari permainan sederhana yang cocok untuk pemula hingga tantangan yang lebih kompleks untuk yang lebih berpengalaman, anak-anak akan menemukan berbagai pilihan yang menarik dan mendidik. Mari kita lihat bagaimana game coding dapat mengubah pembelajaran menjadi petualangan yang menyenangkan bagi anak-anak Anda.

Salah satu hal terbaik tentang pemrograman adalah bahwa ketika anak-anak belajar coding, mereka juga belajar berbagai keterampilan lain yang terkait dengannya. Para ahli pendidikan memiliki istilah khusus untuk fenomena pembelajaran ini disebut sebagai Pembelajaran Insidental.

website belajar coding

Misalnya, permainan dan latihan pemrograman secara intrinsik menantang dan seringkali membutuhkan kolaborasi dan kerja sama tim. Saat anak-anak bekerja sama untuk mengatasi masalah kode dan menemukan solusi atas masalah pemrograman mereka, mereka tidak hanya belajar keterampilan pemrograman (yang merupakan keterampilan yang ditargetkan secara sengaja) tetapi juga mengembangkan (secara tidak sengaja) sejumlah keterampilan kunci lainnya termasuk pemecahan masalah, berpikir kritis, berpikir strategis, berpikir sistematis, penalaran logis, berpikir desain, dan lain sebagainya.

Dalam artike ini, team Raksantara akan membagikan 9 game coding favorit untuk anak anda, yang akan membantu anak-anak dan siswa belajar pemrograman melalui permainan. Pembelajar akan dapat mengakses permainan interaktif dan menyenangkan yang mencakup berbagai topik pemrograman mulai dari dasar hingga menulis menggunakan bahasa pemrograman seperti Python atau JavaScript.

Anak-anak, terlepas dari tingkat keterampilan mereka, akan menemukan materi-materi ini membantu. Bahkan, anak-anak tidak perlu memiliki pengetahuan pemrograman sebelumnya untuk mulai memainkan permainan-permainan ini. Ada video pelajaran, tutorial, dan panduan yang akan membantu anak-anak menemukan jalannya saat mereka bermain permainan pemrograman.

1. Minecraft Education

Minecraft membantu anak-anak belajar pemrograman melalui permainan dan aktivitas berbasis blok. Edisi Pendidikan Minecraft menawarkan beragam fitur yang dirancang khusus untuk guru dan siswa.

Fitur-fitur ini mencakup lebih dari 600 pelajaran yang sudah disesuaikan dengan standar, dengan kemungkinan bagi guru untuk menulis pelajaran pemrograman mereka sendiri untuk diserahkan ke Minecraft. Selain itu, Minecraft Education menawarkan materi dukungan untuk menggunakan pemrograman dan pemrograman melintasi kurikulum yang mencakup mata pelajaran seperti sejarah, STEM, Bahasa Inggris, eksplorasi ruang angkasa, dan lain-lain.

Minecraft Education memungkinkan guru untuk memfasilitasi Hour of Code di sekolah dan ruang kelas mereka. Mereka hanya perlu menyiapkan edisi Pendidikan Minecraft, memilih rencana pelajaran dari perpustakaan pelajaran, lalu memulai memfasilitasi Hour of Code di kelas mereka.

Terdapat berbagai sumber daya termasuk tutorial video dan panduan untuk membantu guru menyertakan pelajaran sains komputer dalam pengajarannya, beberapa dari bahan-bahan ini disediakan secara gratis. Namun, Minecraft Education tidak gratis, melainkan menawarkan berbagai rencana harga.

Pages: 1 2 3 4

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terkait