Apa Itu Koin TikTok? Manfaat, Cara Membeli, dan Mengirim Gift

Penjelasan tentang koin TikTok.

TikTok memungkinkan pengguna untuk memberikan apresiasi kepada kreator konten favoritnya melalui koin TikTok. Koin TikTok sendiri bisa dikatakan sebagai mata uang virtual yang biasa digunakan untuk membeli hadiah berupa stiker atau animasi yang bisa diberikan kepada kreator konten tertentu.

Koin TikTok yang dibeli pengguna digunakan sebagai alat tukar untuk membeli Gift berupa stiker atau berbagai animasi dengan harga nominal tertentu. Misalnya saja Gift Mawar yang memiliki harga 1 koin.

Sebelum memberikan Gift, pengguna harus melakukan top up koin TikTok dengan paket tertentu yang bisa dilakukan di aplikasi maupun web. Adapun harga paket koin TikTok biasanya berbeda-beda setiap akun.

Namun, pada percobaan KompasTekno kali ini, harga paket koin sendiri dibanderol mulai dari 13 koin dengan harga Rp 3.000, ini berarti 1 koin memiliki harga sekitar Rp 240. Lantas apa saja kegunaan, cara beli, dan kirim Gift TikTok? Selengkapnya berikut ini penjelasannya.

Kegunaan koin TikTok

Berikut adalah beberapa kegunaan utama koin TikTok:

1. Memberi hadiah virtual kepada kreator konten

Pengguna dapat membeli koin dengan uang asli dan menggunakan koin tersebut untuk memberikan Gift kepada kreator konten favorit mereka saat siaran langsung. Hadiah ini dapat berupa berbagai macam item virtual seperti bunga, binatang, atau ikon lainnya.

2. Mengonversi hadiah ke uang

Kreator yang menerima hadiah virtual dapat mengonversi hadiah tersebut kembali menjadi uang asli. Ini menjadi salah satu cara bagi kreator untuk memonetisasi konten mereka dan mendapatkan pendapatan dari aktivitas mereka di TikTok.

3. Meningkatkan interaksi dan popularitas

Dengan memberikan hadiah kepada kreator, pengguna dapat menarik perhatian dan mungkin mendapatkan interaksi langsung dari kreator tersebut. Ini bisa meningkatkan popularitas pengguna di komunitas TikTok.

Cara beli koin di TikTok

  1. Buka profil TikTok Anda.
  2. Klik menu tiga garis pojok kanan atas.
  3. Pilih “Saldo”.
  4. Pilih “Dapatkan Koin”.
  5. Klik “Isi Ulang”.
  6. Selanjutnya pembayaran pembelian koin TikTok akan otomatis terpotong dari metode pembayaran yang Anda pilih.
  7. Setelah koin terisi, Anda bisa menggunakannya untuk menukarkan Gift TikTok dan memberikannya kepada kreator konten.

Cara kirim Gift TikTok

  1. Setelah mengisi saldo koin dengan nominal tertentu, kini Anda bisa mengirim Gift kepada kreator favorit Anda.
  2. Buka salah satu live streaming kreator konten Anda.
  3. Klik “Hadiah”.
  4. Selanjutnya pilih hadiah virtual yang ingin Anda kirimkan.
  5. Misalnya stiker TikTok dengan nominal 1 koin. Maka nantinya saldo Anda akan otomatis terpotong setelah mengirimkan stiker tersebut.

Demikian uraian mengenai apa itu koin TikTok, kegunaan, cara isi saldo koin, hingga mengirim Gift TikTok. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terkait