Asus Zenfone 10, Smartphone Flagship Terbaik di Tahun 2023

Asus telah meluncurkan ponsel terbarunya yaitu, Asus Zenfone 10. Sebagai produk flagship baru untuk tahun 2023. Ponsel ini dilengkapi dengan chipset terbaru Snapdragon 8 Gen 2 dan menggantikan model sebelumnya, Zenfone 9. Meskipun memiliki desain yang agak aneh, namun Zenfone 10 tetap menawarkan fitur-fitur kelas atas seperti baterai yang tahan lama dan kamera yang luar biasa.

Spesifikasi Asus Zenfone 10

  • Layar: Layar AMOLED Full-HD 5,9 inci dengan refresh rate 144 Hz.
  • Berat: 172 gram.
  • Kinerja: GPU Adreno 740 dengan chipset Snapdragon 8 Gen 2.
  • Kamera: Kamera utama 50MP IMX766, kamera ultra-wide 13MP, dan kamera selfie 32MP.
  • Baterai: Baterai 4.300mAh dengan pengisian cepat 30W.
  • Harga: €799 (sekitar Rp 13 jutaan).

1. Layar dan Ukuran 

Asus nyoba bikin ponsel kecil yang bisa ngebuat orang-orang makin tertarik, namanya Zenfone 10. Beratnya cuma 172 gram aja, jadi gak bikin pegel kalo digenggam lama-lama. Layarnya 5,9 dan sudah pake teknologi AMOLED Full-HD jadi gambarnya tajem banget. Ada punch-hole keren di tengah layarnya, refresh rate-nya juga cepet, 144 Hz. Terus, kecerahannya bisa sampe 1.100 nits, jadi bisa dipake di luar ruangan tanpa masalah. Buat tambah kebal, layarnya dilindungin sama Corning Gorilla Glass Victus. Ini nih ponsel yang cocok buat yang suka yang ringan tapi gede layarnya.

2. Desain

Selain itu, bagian luarannya pake rangka dari aluminium. Belakangnya dari polikarbonat yang ramah lingkungan, dengan tekstur anti-sidik jari biar gak licin. Genggaman dijamin nyaman banget.

Ada juga tombol khusus “ZenTouch” yang bisa kamu atur fungsinya sesuai kebutuhan. Dan yang lebih keren lagi, sensor sidik jari ada di tombol power, jadi cepet buka ponselnya.

Pilihan warnanya juga keren, ada Aurora Green, Starry Blue, Eclipse Red, Midnight Black, dan Comet White. HP ini emang dirancang biar bikin mata orang langsung membeli.

3. Kinerja

Zenfone 10 memiliki performa yang sangat tangguh. Ditenagai oleh GPU Adreno 740 dan chipset terbaru Snapdragon 8 Gen 2, ponsel ini juga dilengkapi dengan penyimpanan UFS4.0 sebesar 512GB dan RAM LPDDR5X hingga 16GB. Perangkat lunak ZenUI, yang berbasis pada Android 13, memberikan pengalaman hampir seperti Android murni pada ponsel ini.

4. Kamera

Kamera utama Zenfone 10 memiliki resolusi 50MP IMX766, sama dengan yang ada di Zenfone 9. Selain itu, terdapat kamera ultra-wide 13MP dan kamera selfie 32MP. Ponsel ini dilengkapi dengan fitur-fitur seperti Stabilisasi Hibrida Gimbal 6-Axis 2.0, EIS Adaptif, OZO Audio, Mode Potret, kemampuan perekaman video 8K, dan banyak lagi.

5. Baterai

Zenfone 10 memiliki baterai berkapasitas 4.300mAh yang dapat diisi daya secara nirkabel dengan kecepatan 15W atau dengan kabel menggunakan HyperCharge 30W. Ponsel ini juga dilengkapi dengan speaker stereo dengan suara spasial DiracVirtuo dan telah bersertifikasi Snapdragon Sound. Berbagai opsi konektivitas 5G, termasuk Wi-Fi 802.11, Bluetooth 5.3, dan lainnya, tersedia pada Zenfone 10. Selain itu, Zenfone 10 juga tahan air dan debu dengan standar IP68, serta memiliki fitur-fitur lain seperti dukungan NFC, Edge Tool 2.0, dan AI Object Sense. Dengan semua fitur unggulannya, Asus Zenfone 10 menjadi pilihan yang sangat menarik untuk mereka yang mencari ponsel pintar bertenaga tinggi.

6. Ukuran Yang Sangat Kecil

Menurut laporan terbaru, Asus tidak berencana menghadirkan perubahan drastis pada ukuran layar Zenfone 10. Sebelumnya, My Smart Price memperkirakan pada bulan April lalu bahwa Asus akan memilih format yang lebih tradisional dengan ukuran 6,3 inci. Namun, berita tersebut membuat kita merasa sedikit bingung, karena kita sudah menyukai Zenfone 9 sebagaimana adanya.

Untungnya, Asus sepertinya tidak berencana untuk melakukan pembaruan semacam ini, seperti yang terlihat di Android Authority yang merujuk pada tangkapan layar dari situs resmi. Ukuran layar sebesar 5,9 inci akan dipertahankan untuk memastikan adanya kontinuitas dan konsistensi antara dua generasi ponsel ini.

7. Performa Chipset

Selain itu, Zenfone 10 juga diharapkan menjadi monster daya kecil dengan chipset Snapdragon 8 Gen 2-nya. Kabarnya, kemampuan pengisian nirkabel, yang sebelumnya tidak ada dalam rangkaian produk ini, akan dimasukkan ke dalam perangkat tersebut. Dengan peningkatan ini, diharapkan Zenfone 10 akan menjadi salah satu pilihan yang sangat diinginkan bagi para pengguna yang mencari kombinasi antara kinerja tinggi dan kemudahan penggunaan.

8. Software 

Asus Zenfone 10 memiliki keunggulan dalam hal personalisasi. Pengguna dapat mengkustomisasi banyak fitur sesuai dengan preferensi mereka. Ada banyak tambahan cerdas pada Android yang membuat pengalaman pengguna semakin nyaman. Namun, ada satu kekurangan besar yang perlu di perhatikan. Zenfone 10 menjalankan Android 13, namun Asus hanya menjanjikan dua pembaruan untuk membawanya ke Android 15 pada tahun 2025. Hal ini cukup memprihatinkan karena Asus tertinggal dibandingkan dengan perusahaan lain seperti Google, Samsung, Apple, dan Oppo.

Asus berusaha sedikit mendekati kekurangan ini dengan menawarkan empat tahun pembaruan keamanan hingga tahun 2027. Namun, tidak ada jaminan bahwa pembaruan tersebut akan tersedia setiap bulan. Meskipun demikian, Asus memberikan banyak opsi kustomisasi kepada pengguna, meskipun terkadang bisa terasa sangat membingungkan. Antarmuka Android yang digunakan oleh Asus terlihat sangat sederhana, lebih mendekati Android ‘murni’ daripada yang digunakan oleh Google pada ponsel Pixel-nya.

9. Opsi Kustomisasi Tanpa Batas

Satu-satunya aplikasi ganda milik Asus adalah Asus Gallery, selain itu, Asus membiarkan pengguna menggunakan aplikasi Google untuk segala hal. Pengguna dapat memilih untuk menjalankan antarmuka yang ‘murni’ atau memilih elemen-elemen yang di optimalkan oleh Asus. Beberapa elemen yang dapat diubah meliputi desain pengaturan cepat, menu tombol daya, ukuran jam, tampilan panggilan masuk, dan opsi penyesuaian volume. Tombol samping juga dapat diatur untuk merespons gesekan – saya menggunakannya untuk menggeser menu notifikasi, namun Anda bisa berkreasi dan menggunakannya untuk menggeser maju dan mundur pada video YouTube atau aplikasi lainnya.

Meskipun bukan ponsel khusus gaming, Zenfone 10 mewarisi perangkat lunak Game Genie yang juga ada pada ponsel gaming ROG Asus. Selain itu, terdapat juga fitur gerakan yang sangat baik – menggambar huruf pada layar terkunci untuk membuka aplikasi tertentu, membalikkan ponsel untuk memute, dan mengetuk dua kali untuk mengunci layar beranda semuanya tersedia di sini.

Namun, kelemahan Zenfone 10 terletak pada kekompakan layarnya. Beberapa aplikasi dapat terasa sedikit sesak karena lebar layarnya. Keyboard perangkat lunak Gboard terasa sangat sempit, sehingga saya harus mengubah pengaturan untuk membuat kunci-kunci keyboard lebih besar, meskipun tangan saya cukup kecil. Saya merasa sulit mengetik dengan cepat pada ponsel ini. Selain itu, ukuran teks default juga terlalu kecil, dan meskipun Anda dapat memperbesarnya, Anda akan memiliki lebih sedikit konten yang muat di layar. Jika Anda membutuhkan kacamata baca atau sulit membaca teks kecil, ponsel ini mungkin tidak cocok untuk Anda.

Akhir Kata

Meskipun Asus Zenfone 10 menawarkan berbagai opsi kustomisasi yang tak terbatas dan berbagai tambahan cerdas pada Android, terdapat beberapa kekurangan yang perlu di ingat. Dua pembaruan Android OS Asus mungkin tidak memuaskan para pengguna yang menginginkan pengalaman penggunaan yang lebih panjang dengan versi Android terbaru. Selain itu, kekompakan layarnya bisa membuat beberapa pengguna merasa kurang nyaman saat menggunakan aplikasi tertentu. Meskipun demikian, bagi mereka yang mencari ponsel dengan banyak opsi personalisasi dan tambahan cerdas pada Android, Asus Zenfone 10 mungkin menjadi pilihan yang menarik. Namun, bagi yang membutuhkan teks yang lebih besar dan harapan pembaruan OS yang lebih lama, pilihan lain mungkin lebih cocok. Sebelum memutuskan, penting untuk mempertimbangkan preferensi dan kebutuhan pengguna dengan cermat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terkait