Cara Mengatasi ”The Remote Device or Resource Won’t Accept the Connection” di Windows

Photo by Andrea Piacquadio

Cara mengatasi “The Remote Device or Resource Won’t Accept the Connection” di Windows saat mencoba menyambung ke internet? Yuk simak terus penjelasanya.

Jadi, hari ini kita akan ngobrolin tentang satu masalah yang bisa bikin kita bingung pas lagi asik-asiknya mau browsing atau coba konek ke jaringan, tiba-tiba muncul pesan error yang bertuliskan “The Remote Device or Resource Won’t Accept the Connection.” Apa itu? Gimana cara atasinnya? Tenang aja, kita bakal bahas satu persatu permasalahannya supaya gampang dipahami.

Jadi, Apa Sih Masalahnya?

Oke, pertama-tama mari kita bahas apa yang dimaksud dengan pesan error ini. Jadi, kira-kira kamu lagi duduk manis di depan komputer, pengen buka situs favorit atau coba akses sesuatu yang butuh internet. Tapi tiba-tiba, layar dijejelin pesan “The Remote Device or Resource Won’t Accept the Connection.” Hah? Apa maksudnya? Singkatnya, pesan ini ngasih tahu kamu bahwa komputer kamu mencoba konek ke jaringan atau server tertentu, tapi entah kenapa servernya nolak koneksi dari komputer kamu.

Beberapa Penyebabnya

Nah, sekarang pertanyaannya kenapa sih bisa kayak gitu? Banyak kemungkinan, nih. Salah satunya, mungkin jaringan internet kamu lagi ngambek atau bermasalah. Atau, bisa jadi firewall atau antivirus di komputer kamu yang over protektif dan blokir koneksi ke server. Atau, ada masalah di setting DNS (Domain Name System) yang bikin servernya bingung mau alamatin kamu ke mana.

Cara Mengatasi

Nah, sekarang kita masuk ke inti artikel. Gimana sih caraCara mengatasi The Remote Device or Resource Won’t Accept the Connectioni? Santai, gak usah panik. Ada beberapa langkah yang bisa kamu coba:

1. Refresh Halaman atau Coba Lagi

Kadang-kadang, ini cuma masalah sementara. Cobain refresh halaman atau coba akses lagi. Siapa tahu beres sendiri.

2. Cek Koneksi Internet

Pastiin dulu koneksi internet kamu lancer, dan coba buka situs lain atau coba akses sesuatu yang gak perlu koneksi ke server yang sama.

3. Matikan Antivirus atau Firewall

Kalo kamu curiga itu masalahnya, coba matiin sementara antivirus atau firewall kamu. Jangan lupa nyalain lagi setelah selesai ya. Hal ini dikarenakan antivirus kalian mengganggu koneksi. Untuk mengesampingkan kemungkinan itu, jadi coba nonaktifkan untuk melihat apakah sudah hilang. Jika Dan jika kalian menggunakan antivirus bawaan Windows, kalian juga dapat mempelajari cara menonaktifkan Microsoft Defender.

Jika mematikan antivirus kalian tetapi tidak berhasil, mungkin Firewall yang menjadi penyebab masalahnya. Meskipun program ini berfungsi dengan baik dalam menjaga keamanan jaringan kalian dari lalu lintas berbahaya, terkadang program ini juga dapat memblokir koneksi yang tidak seharusnya. Coba matikan Windows Firewall dan lihat apakah itu akan menyelesaikan

4. Periksa Settingan DNS

Cek setting DNS di komputer kamu. Bisa jadi kamu pake DNS publik yang laju, atau coba ganti ke DNS Google atau Cloudflare.

5. Reboot Router

Kalo masalahnya jaringan, coba restart router kamu. Kadang router juga butuh istirahat.

6. Periksa Hosts File

Hosts file ini kayak buku alamat untuk komputer. Kadang ada yang otak-atik ini file dan bikin server jadi bingung.

7. Laporin Provider Internet

Kalo udah coba ini semua masih gak bisa, mungkin ada masalah di sisi provider internet kamu. Jangan ragu buat tanya atau lapor.

Kesimpulan

Jadi, gak usah panik kalo tiba-tiba muncul pesan error “The Remote Device or Resource Won’t Accept the Connection.” Coba langkah-langkah di atas satu per satu dan liat mana yang berhasil. Kalo emang udah gak bisa diatasi sendiri, gak ada salahnya minta bantuan dari yang lebih paham, seperti temen yang ngerti teknologi atau teknisi komputer.

Nah, semoga artikel  Cara mengatasi The Remote Device or Resource Won’t Accept the Connection ini membantu kamu mengatasi masalah yang satu ini. Ingat, teknologi emang suka bikin bingung, tapi dengan sedikit kesabaran dan pengetahuan, kita pasti bisa menghadapinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terkait