Cara Mengatasi This App Can’t Run on Your PC di Windows 10

Photo by Yan Krukau

Hallo semuanya, pernah gak tuh pas lagi asik pengen buka aplikasi di Windows 10, tiba-tiba muncul pesan ‘’This App Can’t Run on Your PC’’, bikin emosi kan?

Jika Windows 10 kalian menunjukkan kesalahan ‘’This App Can’t Run on Your PC’’, mungkin ada beberapa alasan di balik masalah ini. Terkadang ada beberapa aplikasi tidak kompatibel dengan system di PC kalian. Tenang-tenang aja, kami bakal kasih tau cara atasin masalah ngeselin ini. Berikut Cara Mengatasi This App Can’t Run on Your PC:

1. Cek Versi Aplikasi

Kalau kamu download dan pasang aplikasi tanpa cek detailnya, bisa jadi aplikasinya gak cocok sama sistem kamu. Misalnya, kamu enggak bisa pakai aplikasi yang sebenernya buat Windows 10 versi 32-bit tapi kamu coba pake di Windows 64-bit. Gagal total, deh!

Nah, biar gak terjebak dalam masalah kayak gitu, sebelum download aplikasi cek dulu properti sistem kamu. Caranya gampang banget. Begini caranya:

Cari Info di Pengaturan

  • Tekan tombol “Win + I” di keyboard. Ini buat buka menu ‘’Setiing’’. Terus, pilih “System.”
  • Menu Tentang, di menu sebelah kiri, klik “About.” Di sini, kamu bakal nemu info-info penting tentang sistem kamu.
  • ‘’Device specifications’’, di bagian ini kalian bakal dapet info detil tentang sistem kamu. Ini kayak baca paspor buat PC kamu. Salah satu info penting yang ada di sini adalah versi Windows yang kamu pake. Gak perlu jadi detektif, info itu bakal terang-benderang di sini.

Jadi, gak boleh asal pasang aplikasi. Pastiin dulu cocok sama sistem kamu. Jadi lebih pinter dalam pilih aplikasi yang bisa diinstall.

2. Jalankan Aplikasi dalam Mode Kompatibilitas

Kadang-kadang, kamu bisa dapet pesan error yang bikin kesel, misalnya “This App Can’t Run on Your PC,” pas kamu coba maenin game atau software lama di komputer. Buat ngatasi masalah ini, kamu bisa nyoba nyalain Mode Kompatibilitas di setting aplikasi.

  • Klik Kanan & Properties

Pertama, klik kanan file aplikasinya yang bisa dijalanin, trus pilih “Properties.” Jadi kayak kamu lagi buka kotak-kotak rahasia aplikasi.

  • Tab Kompatibilitas

Di jendela Properties, cari tab yang namanya “Kompatibilitas.” Ini yang jadi tempat ajaib buat ngatasi masalah kompatibilitas aplikasi.

  • Centang & Pilih Versi Windows

Di tab Kompatibilitas, centang kotak “Run this program in compatibility mode for,” trus pilih versi Windows yang lain pake dropdown menu.

  • Terapkan & OK

Klik “Terapkan,” terus klik “OK” buat simpen setting baru. Sekarang, coba deh jalanin aplikasinya lagi.

3. Jalankan Program Compatibility Troubleshooter

Kalo kamu masih bingung dan gak nemu versi yang pas, jangan putus asa. Windows bisa bantuin kamu pilih versi yang cocok. Caranya gimana? Cek langkah-langkah berikut untuk pake alat bantuan Windows yang keren, Program Compatibility Troubleshooter:

  • Buka Pengaturan

Tekan tombol Windows + I di keyboard. Ini buat buka menu Pengaturan, tempat kamu bisa ngerapihin masalah-masalah ini.

  • Menu Troubleshoot.

Di Pengaturan, pilih “Update & security > Troubleshoot.” terus pilih “Troubleshoot.” Ini kaya dokter buat nanganin masalah di PC kamu.

  • Menu Find and fix other problems

Di menu Pemecahan Masalah, klik “Find and fix other problems”, Ini kayak toolbox ekstra buat masalah-masalah yang rewel.

4. Jalankan SFC Scan

Kalo alat Pindai Cepat gak berhasil mengatasi masalah, tenang aja! Windows 10 punya fitur lain yang bisa bantu. Ada yang namanya Pemeriksa File Sistem, yang bisa nyari file-file sistem yang rusak atau cacat dan otomatis gantiin yang rusak itu.

  • Buka Command Prompt

Buka Command Prompt tapi pake hak administratif. Gampang, klik kanan “Start” (atau tekan tombol Windows di keyboard), trus pilih “Command Prompt (Admin).” Ini kayak jadi boss dalam dunia perintah, deh.

  • Ketik Perintah

Di jendela Command Prompt yang terbuka, ketik perintah ini:

sfc /scannow
  • Enter dan Tunggu

Tekan Enter di keyboard buat mulai prosesnya. Sekarang tinggal nunggu aja. Windows bakal ngecek file-file sistem kamu.

  • Selesai dan Laporan

Setelah pemindaian selesai, kamu bakal liat pesan yang nunjukin hasilnya. Kalo Pemeriksa File Sistem nemu file yang rusak atau cacat, dia bakal gantiin dengan yang baru. Pesan ini bakal nunjukin kalo ada perubahan.

Jadi, dengan langkah-langkah ini, kamu bisa pake Pemeriksa File Sistem buat bantu perbaikin masalah. Gak perlu jadi ahli teknologi buat ngelakuin ini. Mudah-mudahan penjelasan ini bantu kamu lebih nyaman aja mengatasi masalah di Windows 10.

Nah, itulah tadi beberapa cara Cara Mengatasi This App Can’t Run on Your PC. Jangan stress, ya. Semoga aplikasinya bisa jalan mulus lagi dan gak bikin puyeng.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terkait