Ikutin Tutorial Ini, 4 Cara Menghilangkan Watermark File PDF dengan Mudah

Cara menghilangkan watermark file PDF dengan mudah melalui perangkat yang sesuai, dokumen dengan format PDF dapat melakukan beragam modifikasi dan manipulasi, termasuk penggabungan, konversi, kompresi, penyesuaian ukuran, pemotongan, pemisahan, rotasi, serta pembukaan kunci, dan yang paling menarik adalah semuanya dapat dilakukan tanpa biaya tambahan. Dalam konteks yang sama, penambahan atau penghapusan watermark pada PDF telah menjadi mungkin. Namun, bagaimana caranya?

Jadi, disini kita akan bahas nih kenapa orang sering kali pengen banget ilangin watermak di PDF, dan yang pasti gimana cara ngelakuin itu secara online.

Alasan Mengapa Inging Menghilangkan Watermak di PDF

Kalau kalian sering menggunakan file PDF, pasti udah paham gimana nambahin watermark ke PDF kan? Tapi tau gak, sebenernya kalian juga bisa menghapus  watermark tersebut dari PDF, dan yang pasti bisa dilakuin secara online dan gratis!

Sebelum kita bahas gimana caranya, coba kita intip dulu beberapa alas an, kenapa banyak orang yang ingin menghilangkan watermark di file PDF:

  • Dokumen sudah bukan menjadi rahasia lagi

  • Tanda watermark tidak diperlukan lagi.

  • Watermark perlu dihapus dan diganti dengan yang baru.

  • Watermark itu berupa logo atau maskot yang mau diganti mereknya.

  • Penempatan watermark gak pas.

  • Watermark bikin bingung waktu kita baca dokumen.

Ok, sekarang kita mulai nih, Cara Menghilangkan Watermark PDF dengan Mudah dan gratis.

1. Cara Menghapus Watermark file PDF Menggunakan Soda PDF

Soda PDF

Soda PDF adalah salah satu alat yang bisa kamu pake untuk menghapus watermark di PDF dengan mudah. Ini caranya:

  • Buka Soda PDF dan mulailah dengan membuka aplikasi Soda PDF di komputer atau gunakan versi online-nya jika kamu lebih suka yang web-based.
  • Upload dokumen PDF yang mengandung tanda air yang ingin kamu hapus.
  • Pilih Watermark, setelah dokumen terbuka, pilih alat “Edit” atau “Edit Content” yang biasanya ada di toolbar atas. Ini akan memungkinkan kamu untuk memilih area tanda air di halaman PDF.
  • Hapus watermark, klik atau drag area watermark, lalu tekan tombol “Delete” pada keyboard atau gunakan opsi “Delete” di menu konteks untuk menghapusnya.
  • Simpan Perubahan, Jangan lupa untuk menyimpan dokumen PDF yang sudah kamu edit agar perubahan yang kamu lakukan tersimpan.

Soda PDF ini cukup user-friendly dan bisa jadi pilihan bagus buat menghilangkan tanda air dari PDF-mu.

2. Dengan Menggunakan Microsoft Word

Kalian dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini untuk mencoba menghilangkan watermark dengan menggunakan Word sebagai alat perantara:

1. Konversi PDF ke Word:

– Buka Microsoft Word

– Pilih “Buka” atau “Open” dan cari file PDF yang memiliki watermark. Word akan mencoba mengonversi PDF ke format Word.

– Setelah file PDF terbuka, kamu akan melihat watermark tersebut sebagai gambar atau teks di dokumen Word.

2. Hapus Watermark

– Klik dua kali pada watermark tersebut untuk memilihnya.

– Tekan tombol “Delete” pada keyboard untuk menghapus watermark tersebut.

3. Simpan Dokumen

– Setelah menghapus watermark, kamu bisa menyimpan dokumen dengan cara memilih “File” > “Save As” dan pilih format PDF sebagai jenis file yang diinginkan.

– Beri nama file baru dan tekan “Simpan”.

Namun, perlu diingat bahwa metode ini mungkin tidak selalu berhasil tergantung pada bagaimana watermark awalnya ditambahkan ke PDF. Hasilnya mungkin tidak sempurna dan watermark bisa meninggalkan bekas atau sisa-sisa yang masih terlihat. Juga, langkah ini hanya akan berhasil jika file PDF dapat diubah dengan baik oleh Word.

3. Cara Menghapus Watermark file PDF Menggunakan Google Docs

Menghapus watermark file PDF menggunakan Google Docs bisa menjadi solusi alternatif jika tidak memiliki perangkat lunak khusus. Namun, perlu diingat bahwa ini hanya akan berhasil jika watermarknya berupa teks dan bisa diakses untuk diedit. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Upload PDF ke Google Drive

– Buka Google Drive di peramban web Anda (https://drive.google.com) dan pastikan Anda sudah login dengan akun Google Anda.

– Klik tombol “+ Buat” atau “New” di bagian kiri atas, lalu pilih “File upload” untuk mengunggah file PDF yang ingin Anda hapus watermarknya.

2. Buka PDF dengan Google Docs

– Setelah file PDF diunggah, klik kanan pada file PDF dan pilih “Buka dengan” kemudian pilih “Google Docs”. Ini akan membuka file PDF dalam format dokumen Google Docs.

3. Hapus Watermark

– Jika watermark berupa teks yang dapat diedit, Anda dapat menghapusnya dengan menghapus atau mengedit teks watermark tersebut seperti mengedit teks biasa di Google Docs.

– Sorot teks watermark, lalu tekan tombol “Delete” pada keyboard untuk menghapusnya.

4. Simpan Dokumen

– Setelah Anda menghapus watermark, klik “File” di bagian atas, lalu pilih “Download” dan pilih format PDF untuk menyimpan dokumen dalam format PDF yang telah diedit.

Namun, perlu dicatat bahwa jika watermark adalah gambar yang tidak dapat diedit, metode ini mungkin tidak berhasil. Dalam hal itu, kamu mungkin perlu mencari solusi lain atau perangkat lunak khusus yang dapat menghapus gambar watermark dari PDF.

4. Cara Menghapus Watermark PDF Menggunakan PDF Zorro

PDFzorro adalah layanan online yang memungkinkan Anda untuk mengedit file PDF, termasuk menghapus watermark. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Buka Situs PDFzorro

– Buka peramban web Anda dan kunjungi situs web PDFzorro di https://www.pdfzorro.com/.

2. Upload File PDF

– Klik tombol “Choose file” atau “Pilih file” untuk mengunggah file PDF yang memiliki watermark. Anda juga dapat mengimpor file dari Google Drive atau Dropbox jika diperlukan.

3. Hapus Watermark

– Setelah file PDF terunggah, klik tombol “PDF-Editor” untuk membuka PDF dalam editor PDFzorro.

– Sorot atau klik pada watermark yang ingin dihapus.

– Klik ikon “Delete” (tanda panah ke bawah dengan garis melintang) yang ada di toolbar di atas untuk menghapus watermark tersebut.

4. Simpan Perubahan

– Setelah Anda menghapus watermark, klik “File” di bagian atas dan pilih “Save” untuk menyimpan perubahan ke file PDF Anda.

5. Download File PDF yang Diperbarui

– Setelah Anda menyimpan perubahan, Anda dapat mengunduh file PDF yang telah diperbarui ke komputer Anda.

Harap diingat bahwa layanan ini mungkin memiliki batasan pada ukuran file dan jumlah file yang dapat diunggah atau diedit secara gratis. Pastikan untuk memeriksa persyaratan dan batasan yang berlaku di situs PDFzorro.

Selain PDFzorro, ada beberapa layanan online lainnya yang juga dapat membantu Anda menghapus watermark dari file PDF dengan cara yang serupa.

Akhir Kata

Dalam artikel ini, kita telah membahas beberapa metode yang dapat digunakan untuk menghilangkan watermark dari file PDF dengan mudah.

Jadi intinya, kita udah bahas cara ngebabat watermark dari file PDF dengan beberapa trik. Ada yang pake perangkat lunak kayak Soda PDF, pakai Microsoft Word buat konversi, Google Docs buat yang watermark-nya teks, atau layanan online kayak PDFzorro.

Tapi nih, selalu ingat ya, efektivitasnya tergantung dari jenis watermark yang ada di PDF-mu. Kalau itu teks yang bisa diedit, biasanya gampang dihapus. Tapi kalau berupa gambar atau gak bisa diubah, mungkin perlu solusi lain atau izin dari pemilik watermark-nya. Jangan lupa selalu patuhi aturan dan hukum yang berlaku.

 

Artikel Terkait