6 Cara Transfer Data Android dengan Mudah dan Cepat

Cara Transfer Data Android dengan Mudah dan Cepat ke ponsel Android kalian yang baru, sekarang udah nggak serumit dulu. Ada solusi bawaan dan aplikasi pihak ketiga yang bikin prosesnya jadi makin gampang, apalagi kalian pindah dari Android lain atau iPhone. Bagaimana caranya? Yuk, kita bahas bersama.

1. Transfer Foto dan Video Menggunakan Google Foto

Kalian bisa pake banyak aplikasi buat mindahin foto dan video dari satu ponsel ke ponsel lain. Tapi, cara paling santai dan efisien itu dengan menggunakan Google Foto, terutama buat video dan foto yang diambil pake kamera ponsel kalian.

Jadi, pas pertama kali buka Google Foto, pastiin semua album kalian udah di-backup. Kalian mungkin punya beberapa folder buat WhatsApp, Instagram, Twitter, dll, jadi aktifin backup secara manual buat setiap folder yang isinya mau kalian pindahin ke ponsel baru. Biasanya, folder Kamera udah di-backup secara default, jadi nggak perlu langkah ini kalo kalian nggak punya folder lain.

Buat backup folder, buka Google Foto, ketuk ikon profil di pojok kanan atas, terus buka Setelan Foto > Cadangan > Cadangkan folder perangkat. Sekarang, aktifin folder yang kalian mau di ponsel Android baru. Balik ke halaman sebelumnya dan pastiin Backup udah diaktifin.

Unduh Google Foto di ponsel baru kalian, kalo belum diinstal sebelumnya dan login pake akun Google kalian. Semua foto dan video yang kalian backup langsung bisa kalian lihat di Google Foto dan diunduh ke galeri ponsel kalian.

Download Google Foto: Android | iOS 

2. Restore Android dan Data Kalian Menggunakan Google One

Google One bisa bantu kalian balikin setelan perangkat, log panggilan, kontak, pesan, dan data aplikasi, termasuk sandi. Instal dan buka Google One di ponsel lama kalian, terus login pake akun Google. Sekarang, buka menu hamburger dan buka Pengaturan > Kelola Pengaturan Cadangan. Aktifin Data Perangkat dan opsi lain yang kalian butuhin, terus ketuk Cadangkan Sekarang.

Pas kalian nyalain ponsel Android baru buat pertama kali, ntar diminta masukin kredensial akun Google. Kalo ponsel ngedeteksi backup di server Google, ponsel bakal tanya kalian mau pake backupnya nggak. Ketuk Yes. Setelan kalian bakal disinkronin dan aplikasi yang kalian punya di ponsel lama bakal mulai diunduh otomatis di ponsel Android baru kalian.

Tentu aja, Google One juga bisa backup foto dan video, tapi nggak sefleksibel Google Foto.

Download Google One: Android | iOS

3. Transfer File Besar dengan Menggunakan Wi-Fi Direct

Opsi ini oke buat kalian yang mau mindahin file besar, misalnya video atau film, dari satu ponsel Android ke ponsel lainnya. Wi-Fi Direct udah ada sebagai protokol bawaan di ponsel Android. Cara kerjanya, salah satu ponsel kalian jadi titik akses, yang lain jadi klien.

Langkah-langkahnya bisa beda-beda di setiap ponsel, tapi intinya hampir sama. Buka Pengaturan, terus buka Wi-Fi > Wi-Fi Direct. Buat ponsel Samsung Galaxy, buka Pengaturan > Koneksi > Wi-Fi, ketuk ikon tiga titik, dan pilih Wi-Fi Direct.

Lakukan ini di kedua ponsel, terus pasangkan keduanya dengan ketuk salah satu nama ponsel. Sekarang, buka aplikasi pengelola file kalian, pilih file/folder yang mau kalian pindahin, dan pilih Wi-Fi Direct dari opsi berbagi. Kecepatan transfernya cepet, tapi kalo data kalian gede, bisa aja butuh waktu beberapa menit.

Tapi, Wi-Fi Direct kadang gagal kalo kalian share ke banyak ponsel dari produsen berbeda. Kalo gitu, mungkin pertimbangkan buat install salah satu aplikasi transfer file pihak ketiga terbaik yang pake protokol Wi-Fi Direct.

4. Transfer Data ke Perangkat Samsung Galaxy

Buat kalian yang pake Samsung, kalian bisa pake aplikasi canggih namanya Smart Switch. Di ponsel Samsung baru kalian, aplikasi ini bakal scan ponsel lama kalian dan kasih tampilan buat transfer data kalian. Kalian bisa pindahin media, akun pengguna, kontak, log panggilan, dan data berharga lainnya.

Aplikasi Smart Switch bisa dipake buat perangkat Android dan Apple non-Samsung buat mulai transfer data. Pakenya gampang banget; bisa pake nirkabel atau pake USB.

5. Transfer Data iPhone ke HP Android

Pindah dari iPhone ke Android memang agak ribet, tapi ada aplikasi Switch To Android dari Google yang bisa bantu. Kalian tinggal pergi ke App Store, install aplikasi ini, buat atau login pake akun Google kalian, terus ikuti petunjuk di layar.

Switch To Android bakal memandu kalian buat mindahin kontak, foto, video, info kalender, dan beberapa pengaturan perangkat. Aplikasi ini juga bisa mindahin obrolan WhatsApp dan minta kalian matiin iMessage buat bisa nerima pesan dari pengguna iPhone.

Harus diinget, Switch To Android cuma bisa mindahin aplikasi gratis yang ada di Play Store.

Download: Switch To Android for iOS

6. Transfer File Besar dengan Cara Manual

Kalau ada data di ponsel kalian yang nggak masuk kategori-kategori tertentu, kalian bisa lho pindahin secara manual. Misalnya, kalian punya audio, podcast keren, atau dokumen penting yang tersimpan di folder acak di ponsel kalian, metode transfer manual ini bisa jadi pilihan yang lebih oke.

Pertama-tama, gunain salah satu file manager terbaik buat Android buat cek folder di ponsel kalian. Kalo ada konten yang pengen kalian selamatkan, kalian punya dua opsi:

  • Transfer data menggunakan Bluetooth atau Wi-Fi Direct:

Kalian bisa kirim file-file itu ke ponsel baru kalian pake Bluetooth atau Wi-Fi Direct. Caranya, buka file manager, pilih file yang mau dikirim, terus pilih opsi share atau kirim. Cari pilihan Bluetooth atau Wi-Fi Direct, terus kirim ke ponsel baru kalian.

  • Menggunakan Kabel USB:

Cara yang kedua ini lebih old-school tapi tetep efektif. Colokin ponsel lama dan ponsel baru kalian ke komputer pake kabel USB. Setelah kedua ponsel kedetect, buka file manager di komputer, trus drag and drop file-file yang mau kalian pindahin dari satu ponsel ke ponsel yang lain.

Cara transfer file besar di android ini emang cuma satu bagian kecil dari proses pindah ke ponsel baru. Meskipun udah mentransfer semua data, kalian masih harus ngelewatin beberapa langkah buat siapin ponsel Android baru kalian sebelum bisa dengan tenang bilang, “Ponsel ini siap dipake”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terkait