Ternyata Ini Fungsi Extended RAM Android dan Cara Memakainya

Baru-baru ini, fitur Extended RAM telah menjadi salah satu daya tarik utama dalam ponsel berjenis midrange hingga entry level. Namun, apakah sebenarnya peran yang dimainkan oleh Extended RAM dan bagaimana cara menggunakannya?

Dengan hadirnya fitur Extended RAM, perangkat seperti vivo V23 5G dengan RAM 8 GB memiliki kemampuan untuk menambahkan slot RAM virtual tambahan sebesar 4 GB (besarannya bisa berbeda pada tiap ponsel). Hasilnya, total kapasitas RAM yang dapat dimanfaatkan mencapai 12 GB.

Yoga Samiaji, selaku Product Manager vivo Indonesia, menjelaskan, “Dengan adanya Extended RAM, pengguna dapat menjalankan berbagai aktivitas produktivitas, menikmati aplikasi hiburan, bermain game, dan melakukan multitasking dengan performa yang lebih baik.”

Menurutnya, Extended RAM bisa membuat performa smartphone terasa lebih cepat, lancar dan tanpa lagging walaupun sedang menjalankan hingga 25 aplikasi sekaligus. Namun, pasti banyak yang bertanya-tanya apakah RAM Extended itu? Bagaimana dia bekerja dan cara menggunakannya? Langsung saja simak penjelasan lengkapnya dibawah ini.

Apa Itu Extended RAM?

Extended RAM

Extended RAM adalah sebuah teknologi manajemen memori yang revolusioner, yang mengadopsi algoritma khusus untuk mengalokasikan ruang memori yang sedang tidak terpakai dalam ROM ke dalam RAM.

Dampak dari teknologi ini adalah peningkatan kinerja yang signifikan pada perangkat seperti vivo V23 5G. Dengan Extended RAM, pengguna akan merasakan performa yang lebih lancar dan optimal, terutama saat digunakan untuk bermain game mobile atau melakukan multitasking yang kompleks. Ujar Yoga dalam penjelasannya.

Selain itu, fitur slot Extended RAM juga mendukung efisiensi energi yang digunakan oleh smartphone. Sehingga daya baterai akan lebih optimal dan tahan lama meski menjalankan berbagai aplikasi pada saat yang bersamaan seperti multitasking media sosial atau aplikasi game.

Cara Mengaktifkan Extended RAM Android

Lantas bagaimana cara menggunakan atau mengaktifkan Extended RAM di HP Vivo atau semua HP? Begini caranya:

1. Buka aplikasi “Setting” di perangkat Anda.
2. Pilih opsi “RAM and storage space”.
3. Lanjutkan dengan memilih “RAM”.
4. Terakhir, klik pada “Extended RAM”.

FYI, Vivo V23 5G juga dilengkapi dengan tujuh komponen vivo Liquid Cooling System yang memiliki tujuan untuk menghilangkan panas berlebih dari komponen internal perangkat. Hasilnya, panas dapat segera dan merata tersebar keluar dari ponsel, bahkan saat digunakan untuk kegiatan gaming.

Perangkat vivo V23 5G ditenagai oleh prosesor Dimensity 920 dengan teknologi fabrikasi 6nm yang mendukung koneksi Dual 5G. Dengan baterai berkapasitas 4.200 mAh, pengisian daya dari 1% hingga 68% hanya memerlukan waktu 30 menit berkat fitur 44W FlashCharge.

Tidak hanya itu, vivo V23 5G juga menawarkan kemudahan melalui fitur NFC Multifunctions yang memungkinkan pengisian ulang uang elektronik, transfer data, dan bahkan duplikasi kartu akses.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terkait