Kabar Baik: Google Maps Kini Tunjukkan Stasiun Pengisi Daya Mobil Listrik

Google Maps.

Pengguna kendaraan listrik (EV) kini dapat menikmati fitur baru dari Google Maps yang memudahkan pengisian baterai mobil mereka. Google Maps kini mampu mengarahkan pengguna ke stasiun pengisian daya EV terdekat dan memberikan informasi mengenai kompatibilitas pengisi daya dengan kendaraan tertentu. Selain itu, Google Maps juga dapat menampilkan kecepatan pengisian, apakah itu cepat, sedang, atau lambat.

Menurut Phone Arena, pengguna juga bisa melihat kapan pengisi daya terakhir kali digunakan. Fitur ini membantu pengguna menghindari pengisi daya yang mungkin rusak atau tidak berfungsi, sehingga tidak menyia-nyiakan baterai untuk mencari stasiun yang tidak operasional.

Dilaporkan oleh Android Police, pembaruan di Google Maps kini memungkinkan pengguna mengganti filter preset “SPBU” dengan “Stasiun Pengisian Daya”. Untuk memanfaatkan fitur ini, pengguna perlu masuk ke pengaturan aplikasi dan mengubah jenis kendaraan mereka menjadi EV atau Hybrid. Caranya, buka aplikasi Google Maps, ketuk ikon profil di bagian kanan atas layar, lalu pilih Setelan > Navigasi > Jenis mesin. Pilih “Listrik” jika Anda mengendarai EV atau “Hybrid” jika Anda mengendarai kendaraan hybrid.

Setelah melakukan perubahan ini, filter di bagian atas layar akan menyertakan opsi “Stasiun pengisian daya” alih-alih “Bahan bakar”. Fitur ini tersedia untuk pengguna Google Maps versi Android dan iOS, sehingga informasi penting ini dapat diakses dengan cepat dan mudah oleh pengguna yang ingin mengisi daya kendaraannya.

Selain itu, pengguna EV dapat mengatur jenis steker yang digunakan untuk mengisi daya. Untuk melakukannya, buka Pengaturan > Pengaturan Kendaraan Listrik dan pilih salah satu dari delapan jenis konektor yang tersedia. Pembaruan ini juga mengubah tampilan jalan di Google Maps, dengan seluruh jalan disorot dengan warna biru, bukan hanya pin yang dijatuhkan di atasnya. Hal ini memberikan gambaran yang lebih baik tentang panjang dan lokasi jalan.

Dengan fitur-fitur ini, Google Maps semakin memudahkan pengguna kendaraan listrik untuk menemukan stasiun pengisian daya yang sesuai dan memastikan mereka tidak membuang waktu dan energi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terkait