Memori Gmail Penuh? Ikuti Langkah-Langkah untuk Mengosongkannya

Gmail

Ketika penyimpanan Gmail mencapai batas maksimalnya, dapat menghambat kinerja dan mengganggu produktivitas pengguna. Oleh karena itu, penting untuk mengosongkan penyimpanan Gmail agar dapat berfungsi secara optimal. Bagaimana cara melakukannya? Berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda ikuti:

Bersihkan Google Drive dan Google Foto

Secara default, Google memberikan 15GB penyimpanan kepada pengguna Gmail gratis. Namun, perlu diingat bahwa penyimpanan ini juga digunakan oleh layanan lainnya seperti Google Drive dan Google Foto. Jika penyimpanan Gmail penuh, salah satu cara untuk mengatasi hal ini adalah dengan membersihkan sebagian ruang pada Google Drive dan Google Foto. Hapus file-file yang tidak diperlukan untuk membebaskan ruang.

Hapus Email Berukuran Besar

Beberapa email mungkin memiliki lampiran berukuran besar, seperti foto atau video, yang membuat ukuran email mencapai 25MB. Untuk mengosongkan penyimpanan Gmail, carilah dan hapuslah email-email berukuran besar tersebut. Anda dapat menggunakan fitur pencarian dengan mengetikkan “larger:20m” pada kolom pencarian untuk menemukan email dengan ukuran lebih dari 20MB. Setelah itu, hapus email tersebut atau beberapa di antaranya untuk membebaskan ruang.

Hapus Email Promosi

Pengguna Gmail sering menerima banyak email promosi yang umumnya tidak terlalu penting. Ketika penyimpanan Gmail hampir penuh, langkah terbaik adalah membersihkan email promosi ini untuk membebaskan ruang penyimpanan.

Hapus Email Usang

Selain email promosi, email yang sudah berusia lebih dari satu tahun biasanya tidak lagi penting. Untuk mencarinya, klik “older_than:1y” pada kolom pencarian dan lakukan penghapusan.

Pertimbangkan Pembelian Ruang Penyimpanan Tambahan

Jika Anda adalah pengguna aktif Google, membeli ruang penyimpanan tambahan dapat menjadi solusi yang efektif. Saat ini, Google menawarkan paket penyimpanan sebesar 100GB dengan harga Rp 26.900 per bulan. Jika itu masih kurang, paket Premium 2TB tersedia dengan harga Rp135 ribu per bulan. Ini adalah solusi yang mudah dan efisien untuk mengatasi masalah penyimpanan Gmail yang penuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terkait