Mengembalikan Desain Project Canva yang Hilang? Simak 5 Langkah Berikut!

Mengembalikan desain project Canva yang hilang

Aplikasi Canva saat ini sangat digemari oleh banyak orang karena kemudahan penggunaannya. Dengan Canva, siapa pun bisa menjadi seniman desain dengan cara yang cepat dan praktis.

Banyak yang menghabiskan banyak waktu di Canva untuk membuat berbagai desain menarik. Namun, keasyikan ini bisa berubah menjadi mimpi buruk jika tiba-tiba desain yang telah dibuat menghilang tanpa jejak.

Jika Anda mengalami hal tersebut, jangan panik terlebih dahulu. Tidak perlu khawatir bahwa desain Anda akan hilang selamanya. Ada beberapa langkah yang bisa Anda cermati, seperti yang direkomendasikan oleh halaman bantuan Canva. Berikut adalah cara-cara untuk mengatasi masalah tersebut:

1. Periksa Akun yang Digunakan

Mungkin desain Anda hilang karena Anda tidak masuk ke akun yang benar. Hal ini sering terjadi jika Anda memiliki beberapa akun Canva, misalnya menggunakan alamat email yang berbeda (seperti email pribadi dan email kerja) atau mendaftar melalui media sosial (Google, Facebook, Apple, dsb.).

Selain desain, periksa juga konten lain seperti unggahan, favorit, dan fitur berbayar (jika Anda pengguna Canva Pro atau Canva untuk Tim). Jika konten ini juga tidak ada, kemungkinan besar Anda sedang masuk ke akun yang salah.

Jika Anda memiliki lebih dari satu akun Canva, coba masuk ke masing-masing akun tersebut dan periksa proyek-proyek Anda. Pilih nama Anda dari menu drop-down pemilik untuk melihat proyek-proyek pribadi atau yang dibagikan dengan Anda.

Jika Anda lupa detail masuk ke akun lain, coba atur ulang kata sandi dari halaman masuk.

2. Cek Keanggotaan di Berbagai Tim

Jika Anda menjadi anggota atau memiliki beberapa tim, desain yang Anda cari mungkin berada di tim lain. Cobalah untuk beralih ke tim lain untuk mencari desain yang Anda perlukan.

Untuk memeriksa tim lainnya, klik foto profil Anda dari beranda Canva. Jika Anda menggunakan aplikasi seluler, ketuk ikon Menu terlebih dahulu untuk melihat foto profil Anda. Jika Anda melihat opsi “Ganti tim”, artinya Anda memiliki atau menjadi anggota dari beberapa tim. Pilih tim yang sesuai untuk beralih ke sana.

Pastikan juga tim tersebut telah berlangganan Canva Pro atau Canva untuk Tim dengan memeriksa tab Penagihan & Paket dari Pengaturan Akun.

3. Periksa Sampah untuk Desain yang Terhapus

Jika desain Anda telah dihapus, baik secara sengaja atau tidak, Anda dapat memulihkannya dari folder “Sampah”. Desain yang dihapus dari folder “Proyek” juga akan dihapus dari folder tempat desain tersebut disimpan.

Ingatlah bahwa semua desain di folder “Sampah” akan dihapus secara permanen setelah 30 hari. Jika sudah lebih dari 30 hari sejak desain dihapus, Anda tidak akan dapat mengembalikannya.

4. Periksa Status Keanggotaan di Tim

Administrator tim memiliki wewenang untuk menambah atau menghapus anggota tim kapan saja. Jika Anda telah dikeluarkan dari tim, Anda mungkin tidak dapat lagi mengakses desain yang telah Anda buat di dalam tim, meskipun desain tersebut tidak dibagikan dengan tim.

Hubungi administrator tim untuk meminta untuk ditambahkan kembali ke tim sehingga Anda dapat mengakses kembali desain-desain Anda.

5. Konfirmasi Status Tim Anda

Jika Anda adalah anggota suatu tim, pemilik tim mungkin telah memutuskan untuk menghapus tim tersebut. Ketika hal ini terjadi, semua desain yang dibuat di tim tersebut akan dijadwalkan untuk dihapus secara permanen dalam 14 hari.

Hubungi pemilik tim untuk memastikan apakah tim telah dihapus. Jika masih dalam jangka waktu 14 hari, pemilik tim dapat membatalkan penghapusan. Namun, jika sudah lebih dari 14 hari, tim dan semua desainnya tidak dapat dikembalikan.

Semoga panduan ini membantu Anda mengatasi masalah jika desain project Canva Anda tiba-tiba hilang. Jika Anda memerlukan bantuan lebih lanjut, selalu ada dukungan yang dapat Anda hubungi melalui halaman bantuan Canva.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terkait