Perbedaan Proxy dan VPN, Mana yang Lebih Hebat?

Orang-orang suka menggunakan VPN dan server proxy untuk merahasiakan privasi mereka, tapi kalian mikir gak sih kedua software ini bedanya apa? Nah, kalo kita mau bandingin proxy sama VPN, mana yang lebih baik?

VPN dan Proxy

Sebelumnya, kita perlu ngejelasin dulu kenapa kita bandingin proxy sama VPN. Kita bandingin keduanya karena mereka berdua punya tujuan yang sama yaitu nutupin alamat IP kalian dari situs-situs yang kalian kunjungin.

Pas kalian ngeliat situs web, situsnya bisa dapetin gambaran kasar tentang lokasi lo dari alamat IP kalian kan. Nah, proxy dan VPN bakal nutupin informasi ini dengan ngasih alamat IP mereka sendiri ke situsnya, bukan alamat IP lo.

Nah, alasan orang mau nutupin alamat IP mereka, itu tergantung dari apa yang mereka pengen capai dengan anonimitas mereka. Disinilah perdebatan antara proxy vs. VPN muncul, meskipun keduanya punya tujuan yang sama, tapi mereka juga mempunyai karakter mereka sendiri sendiri.

Apa itu Proxy?

Jadi, server proxy itu kayak makelar yang nongkrong di tengah-tengah lo dengan situs web yang lo kunjungin. Biasanya, lo bisa nemuin server proxy online di situs-situs tertentu. Tinggal lo klik, masukin alamat situs web yang lo mau, trus lo langsung dibawa kesana.

Server proxy bakal ambil alamat web yang lo kasih, terus dia nyambungin ke situs web itu buat muat kontennya. Setelah itu, dia meneruskan informasi ini, jadi lo bisa jelajahi situs web tanpa risiko ketahuan.

Manfaat paling keren dari server proxy ini adalah lo gak langsung terhubung ke situs web, jadi mereka gak bisa lihat alamat IP rumah lo. Sebaliknya, mereka cuma bisa lihat alamat IP server proxy, jadi rahasia lokasi lo tetap terjaga.

Kalo lo kunjungin situs layanan proxy, mereka suka nanya dari negara mana lo pengen server proxy-nya berasal. Ini bukan cuma kebetulan aja; ini bisa bikin situs web dan layanan kira-kira lo lagi nonton dari negara itu. Kalo lo pengen akses situs web yang diblokir di negara lo, lo bisa pakai server proxy yang ada di negara tempat situs web itu berada.

Pas situs web ngecek dari mana lo berasal, mereka bakal lihat lokasi server proxy, bukan lokasi asli lo. Nah, abis itu, server proxy bakal dapet akses ke situs web dan ngirim rinciannya ke lo.
Ada banyak jenis server proxy, tapi biasanya lo bakal pake proxy penerusan buat akses konten. Tapi, kadang-kadang, lo mungkin butuhin jenis proxy lainnya sesekali.

1. Manfaat Menggunakan Proxy

Kalo cuma mau buka blokir situs web, server proxy bisa bantu dengan gampang dan cepet. Gak perlu ribet instal ini itu, tinggal mampir ke situs web proxy gratis dan pilih negara yang lo mau kunjungi, dan selesai. Solusi singkat yang oke buat situs web yang bikin masalah.

Karena server proxy bisa lo temuin online, lo bisa pake dari sistem operasi mana aja. Gak perlu instal aplikasi, tinggal online, cari server, dan proxy siap digunakan.

2. Kekurangan Menggunakan Proxy

Sayangnya, kalo lo pengen lebih dari cuma anonimitas buat jalan-jalan di web, server proxy gak bisa bantu lo. Meskipun lo cuma pake server proxy buat internetan, lo bakal ngerasain kalo buat pemakaian jangka panjang, semuanya jadi lemot dan bikin kesel. Kalo lo pengen anonimkan koneksi buat lebih dari beberapa situs web, mendingan skip menggunakan proxy ini.

Apa itu VPN?

Jadi, kalo dilihat-lihat cara kerja VPN tuh mirip banget sama proxy. Data lo masuk ke server, diterusin ke tujuan, dan dapet jawaban, terus diantarin balik ke lo. Tapi, bedanya utama antara VPN sama server proxy itu ada di cara data lo dikirim ke server.

Kalo lo pake VPN, lo harus instal dulu software VPN di PC lo. Begitu lo nyalain, softwarenya bakal enkripsi data yang lo kirim ke server VPN, jadi data lo jadi gak bisa dibaca sama yang iseng nyelip. Ini disebut “terowongan VPN,” dan bayangin aja kayak terowongan fisik di dunia nyata yang bantu ngejaga privasi.

Misalnya, kalo lo lagi nyetir mobil di jalan raya, orang di pinggir jalan bisa lihat siapa yang ada di dalam mobil lo, modelnya, dan nomor platnya. Kalo lo nyetir lewat terowongan dari awal sampe akhir perjalanan, gak ada orang di luar terowongan yang bisa tau siapa yang ngemudikan mobil atau modelnya.

1. Manfaat Menggunakan VPN

Jelas, VPN oke banget buat nutupin jejak aktivitas online lo. Beda sama proxy yang cuma nutupin aktivitas lo sampe server-nya aja, VPN bikin terowongan dari PC lo, jadi gak ada orang yang bisa lihat data lo.

Ini artinya, lo bisa punya koneksi yang aman dan terenkripsi di mana aja lo mau. Lo mungkin udah tau kalo peretas bisa nyolong identitas orang lewat jaringan publik, tapi kalo pake VPN, lo gak perlu khawatirin itu. Kalo ada yang ngintip koneksi lo, yang mereka lihat cuman sampah terenkripsi yang tidak berguna.

2. Kelemahan VPN

Sayangnya, nikmat ini gak dateng gratis. Memang ada VPN yang gratis, tapi kalo buat tugas-tugas mendasar, mereka mungkin bisa. Tapi, ada alasan kenapa VPN gratis itu gak direkomendasikan, jadi kalo lo mau yang bener-bener bagus, lo harus siap-siap bayar.

Gak cuma itu, PC lo juga perlu kerja keras enkripsi semua data lo sebelum dikirim. Artinya, lo harus instal software di PC lo buat pake VPN. Pas lo pake, mungkin lo bakal ngerasain turunnya performa komputer lo karena usaha kerasnya enkripsi data sebelum dikirim ke lo.

FAQ Edition: Beberapa Pertanyaan Tentang Artikel

1. Proxy VPN untuk apa?

  • Jadi, VPN sama web proxy punya misi yang sama, yakni ngejamin koneksi lo. Keduanya bisa sembunyiin alamat IP asli lo dan amankan lalu lintas web yang lo kirim antara lo sama VPN atau penyedia proxy lo.

2. Situs proxy apa saja?

Nih, daftar web proxy yang gratis, cepet, dan paling oke buat buka-buka situs:

  • CroxyProxy
  • Proxysite.com
  • KProxy
  • 4everproxy
  • Hide My Ass (HMA)
  • Whoer.net
  • Hidester
  • CyberGhost

3. Apakah aman menggunakan proxy?

Sangat aman, dengan menggunakan proxy, kalian bisa ngehemat bandwidth, bikin halaman web jadi lebih cepet ter-load karena ada cache nya, sampe bisa nyisir iklan dan ngeblokir situs jahat. Pokoknya, pake proxy itu aman banget buat komputer.

4. Apa kegunaan VPN di hp android?

VPN itu kayak jalan pintas buat perangkat yang jauh dari jaringan tapi mau tetep akses dengan aman. Nah, di Android, udah disiapin sendiri klien VPN bawaan yang bisa pake, macam PPTP, L2TP/IPSec, dan IPSec. Jadi, gampang banget buat tetep konek dengan aman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terkait